Tahapan Penulisan Teks Karya Ilmiah "PEMASARAN DAN PENINGKATAN PRODUKSI BANDENG PRESTO KHAS SEMARANG"

PEMASARAN DAN PENINGKATAN PRODUKSI   BANDENG PRESTO KHAS SEMARANG

 

Lina Mariana

Email: Linamariana@gmai.com

 

Abstrak :

 Kegiatan Ipteks memiliki tujuan bagi masyarakat, yaitu untuk memecahkan permasalahan yang ada, dan harus menghadapi mitra IbM yang mencakup aspek kualitas produk, produksi dan higienitas, manajemen usaha, serta pemasaran produknya. Dalam jurnal tersebut juga berisi tentang asal usul usul bandeng presto. Dan kita juga menjelaskan adanya dua mitra UKM dengan bidang usaha pengelolaan dan pemasaran bandeng presto di Semarang. Untuk mencapai target kegiatan, hal yang dilakukan adalah berbagai metode yang disesuaikan dengan tujuan kegiatan, antara lain ceramah/penyuluhan, refleksi, praktik langsung, serta pendampingan. Hasil kegiatan IBM ini antara lain adalah: 1) Dihasilkan satu unit alat pembuat bandeng presto hemat BBM dengan kapasitas produksi negligible 30 kg sekali masak 2) Dihasilkan satu unit alat pembuat bandeng presto ayam pedaging yang telah masak; 3) Mengetahui kadar gizi bandeng presto (uji proksimat), antara lain protein, lemak, karbohidrat, kalsium, kadar diskusi, dan kadar abui; 4) Dihasilkan resep bandeng presto produksi khas Mitra I maupun Mitra II yang dapat diterima oleh konsumen luas; 5) Dihasilkan desain dan kualitas kemasan bandeng presto yang lebih menarik perhatian konsumen; 6 ) Dihasilkan ijin P-IRT dari Dinas Kesehatan bagi Mitra II; 7) Pola manajemen usaha (pembukuan, promosi, pemasaran) industri bandeng presto tertata rapi dan maju 

Kata kunci : produksi, pemasaran, bandeng presto

 

Abstrak :

Kegiatan ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai tujuan bagi masyarakat yaitu untuk memecahkan permasalahan yang ada yang harus dihadapi oleh mitra IBM yang meliputi aspek kualitas produk, produksi dan kebersihan, manajemen bisnis, dan pemasaran produk. Jurnal tersebut juga memuat informasi tentang asal usul ikan bandeng presto. Dan kami jelaskan juga bahwa terdapat dua UKM mitra yang bergerak di bidang pengelolaan dan pemasaran bandeng presto di Semarang. Untuk mencapai sasaran kegiatan digunakan berbagai metode yang disesuaikan dengan tujuan kegiatan antara lain ceramah/konseling, demonstrasi, praktek langsung, dan pendampingan. Hasil dari kegiatan IbM ini antara lain: 1) Terproduksi satu unit alat pembuat bandeng bertekanan hemat bahan bakar dengan kapasitas produksi diabaikan yaitu 30 kg sekali masak. 2) Terproduksi satu unit bandeng bertekanan matang broiler; 3) Mengetahui kadar gizi ikan bandeng presto (uji proksimat) meliputi protein, lemak, karbohidrat, kalsium, pembahasan kadar, dan kadar abu; 4) Menghasilkan resep bandeng presto yang diproduksi khusus oleh Mitra I dan Mitra II yang dapat diterima luas oleh konsumen; 5) Desain dan kualitas kemasan bandeng presto yang dihasilkan lebih menarik konsumen; 6) Menghasilkan izin P-IRT dari Dinas Kesehatan untuk Mitra II; 7) Pola pengelolaan usaha (pembukuan, promosi, pemasaran) industri bandeng presto rapi dan maju

Kata Kunci : produksi, pemasaran, dan bandeng

 

 

PENDAHULUAN :

Makanan tradisional satu ini merupakan salah satu makanan ikan bandeng yang terkenal di Indonesia, terutama di Semarang, Jawa Tengah. Namanya adalah Bandeng Presto. Bandeng Presto adalah olahan ikan bandeng yang dimasak dengan menggunakan uap diskusi bertekanan tinggi sehingga menghasilkan daging yang empuk dan duri yang lunak. Bandeng Presto merupakan salah satu makanan yang terkenal dari Semarang, Jawa Tengah. Ditemukan oleh Hanna Budimulya, seorang yang berasal dari Pati, Jawa Tengah. Karena rasanya yang khas dan digemari oleh masyarakat, kemudian makanan satu ini mulai berkembang dan menjadi salah satu makanan khas kota Semarang. Pada proses pembuatannya, Bandeng Presto awalnya dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam. Kemudian ikan yang sudah dibumbui dibungkus dengan daun pisang. Setelah dibungkus dengan daun pisang lalu matang diletakkan di dalam panci yang dapat membuka kunci rapat sehingga uap diskusi tidak keluar dan ikan yang di masak bisa matang secara merata. Keunikan dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto adalah duri ikannya yang menjadi lunak. Sehingga saat menyantapnya, kita tidak perlu memisahkan daging dan duri ikannya. Bandeng Presto yang sudah jadi kemudian bisa dimasak dengan cara goreng, goreng tepung, dan bisa dijadikan menu lainnya. Bandeng Presto semakin berkembang dan mulai banyak yang memproduksinya. Selain menjadi salah satu makanan tradisional khas dari kota Semarang, Bandeng Presto sering di jadikan oleh – oleh bagi para wisatawan yang datang ke Semarang, Jawa tengah. Baik bandeng presto ”modern” maupun ”tradisional” banyak dibuat oleh industri kecil di Kota Semarang. Bagi pemilik usaha bandeng presto “modern”, hampir tidak menemui kendala yang berarti. Tiap hari omzetnya puluhan juta rupiah, dan umumnya dimiliki oleh etnis tertentu yang bukan penduduk asli Semarang. Sebaliknya, sebagian besar produsen bandeng presto tradisional asli Semarang nasibnya tidak sebaik pengusaha bandeng presto yang dikelola secara modern.

 

UMKM merupakan singkatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah. UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh individu atau badan usaha yang berukuran kecil. Sehingga UMKM dapat disimpulkan sebagai usaha ekonomi yang dilakukan oleh masyarakat menengah ke bawah. Jenis UMKM Ada tiga jenis UMKM yaitu: Usaha kuliner adalah UMKM yang bergerak dalam bidang kuliner seperti menjual makanan maupun bahan baku pembuatan makanan. Usaha desain adalah UMKM yang bergerak dibidang cetakan melingkupi penjualan dan pembuatan pakaian, oh kaki, topi, hingga aksesoris. UMKM bidang usaha agribisnis meliputi penjualan dan produksi pertanian serta perkebunan seperti pupuk, hasil tani, hasil kebun, dan bibit tanaman. Salah satu kelebihan usaha bandeng presto “Mobile” adalah sistem pemasarannya secara online, mengandalkan media web dan media sosial, antara lain facebook, twitter, BBM, WhatsApp, dan web jurnal web. Walaupun kapasitas produksinya masih relatif sedikit namun terus mengalami kemajuan dari waktu ke waktu, dengan target pasar kelas menengah ke atas. Karena lewat media Online Maka jangkauan pemasarannya cukup luas, baik Semarang maupun kota-kota lain di Indonesia. Kualitas bandeng presto yang dihasilkan pengusaha kecil sangat berpengaruh pada aspek pemasaran. Selama ini, segmen pasar bandeng presto produksi untuk pasar tradisional di kota Semarang, umumnya dijual tanpa kemasan atau dengan kemasan tetapi masih sangat sederhana. Promosi produk hampir tidak ada, sehingga walaupun mungkin rasanya lebih enak dan harga lebih murah, namun tanpa adanya promosi dan kemasan yang menarik, maka konsumen kurang tertarik. Hal ini terkait dengan manajemen usaha, karena selama ini manajemen masih bersifat tradisional, sehingga aspek pembukuan, pengemasan, promosi, jaringan pemasaran kurang diperhatikan. 

 

 

METODE :

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kegiatan penelitian ini bertujuan sangat relevan  dalam konteks yang saya ambil. Penelitian juga fokus pada pemasaran dan peningkatan produksi bandeng presto khas Semarang untuk meningkatkan hasil produksi para penjual yang masih menggunakan metode tradisional untuk membuat bandeng presto, sehingga harga yang dijualnya terbilang cukup rendah karena kualitas produknya. Pada dasarnya pembuatan bandeng presto sendiri memiliki 2 cara, yaitu : modern, dan tradisional. Pada dasarnya penelitian ini dibuat untuk mengikuti perkembangan zaman dalam mengolah makanan dengan cara yang lebih baik agar semakin bisa menarik perhatian pelanggan atau khalayak ramai dengan harga yang sesuai dengan target yang diinginkan. Penelitian ini juga bisa menjadi ajang agar proses pembuatan bandeng presto ini bisa lebih dipahami lagi dan tidak tergerus oleh masa yang akan datang sehingga makanan khas Semarang ini akan tergantikan.

Dalam proses penelitian pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif ini, dipilih untuk menjadi preferensi agar kita dapat mengetahui lebih dalam tentang fenomena yang sedang diteliti. Penggunaan teknik analisis dalam dokumentasi sebagai strategi dalam pengumpulan data juga sangat dibutuhkan.

 

HASIL PEMBAHASAN :

 Pada langkah pertama dilakukan seminar atau penyuluhan, yaitu tim seminar memberikan penyuluhan mengenai betapa pentingnya pemanfaatan internet di   dunia globalisasi dengan menjelaskan cara menggunakan, memanfaatkan, mendownload aplikasi yang berguna untuk media promosi dan pemasaran seperti Shoppe, Tokopedia, TikTok ataupun TikTok shop, Twitter, Facebook maupun Whatsapp. Dalam beberapa aplikasi tersebut perlu mengasah ilmu mengedit sebuah konten yang berisi promosi produk dengan berbagai cara. Dalam aplikasi seperti TikTok , shope maupun Whatsapp dapat menarik banyak sekali pelanggan dalam satu konten yang dibuat.

 

Pada langkah kedua media promosi sangat dibutuhkan dalam dunia pemasaran, Salah satunya adalah memiliki gadget atau internet yang memadahi untuk memosting suatu produk konten. Mengedit konten dalam produk juga harus diasah agar terus mengikuti perkembangan zaman dan dapat menciptakan trend baru yang dapat menarik khalayak ramai.

 

Pada langkah ketiga proses pembuatan suatu produk membutuhkan fasilitas yang memadahi agar dapat menciptakan suatu produk yang higienis, lezat dan memiliki desain yang unik. Pemilihan desain kemasan juga harus diperhatikan seiring berjalannya waktu dengan menggunakan bahan yang mudah terurai seperti kertas tetapi tetap mempertahankan kesan mewah pada kemasan tersebut. Pemilihan bahan merupakan kunci utama dalam pembuatan suatu produk, karena ketika ada salah satu bahan yang memiliki kualitas buruk akan mempengaruhi cita rasa produk yang dibuat dan menghilangkan rasa khas produk itu sendiri.

Dengan fokus pada cara pemasaran dan peningkatan produksi bandeng presto diperlukan alat yang memadai seperti akses internet dan gedget untuk alat promosi produk, dan oven presto sebagai alat modern untuk mengolah bandeng menjadi produk yang lebih higienis dan berkualitas baik sehingga dapat menarik perhatian para pembeli dan meningkatkan harga produk. Penggunaan gadget sebaik mungkin juga sangat diperlukan seperti memanfaatkan aplikasi TikTok, Twitter, Instagram atau Facebook sebagai perantara promosi produk yang akan dijual. Beberapa aplikasi tersebut dapat meningkatkan harga jual dan pemasaran produk secara signifikan ketika kita dapat mengolah atau membuat video promosi yang sangat menarik perhatian pengguna aplikasi tersebut. Pengolahan bandeng presto juga harus melalui proses yang higienis, memiliki kemasan yang baik dan mempertahankan cita rasa khas dari produk itu sendiri.

 

SIMPULAN :

Berdasarkan kegiatan penelitian yang dapat disimpulkan adalah :

1.     Pemanfaatan teknologi dalam era globalisasi sangat membantu dalam proses pemasaran produk

2.     Penggunaan alat modern dapat meningkatkan kualitas produk secara signifikan sehingga dapat menarik perhatian konsumen.

 

SARAN :

1.     Kepada para pengusaha yang memiliki gadget dan media sosial hendaknya mempergunakannya dengan sebaik-baiknya agar dapat menjadi sarana dan prasarana yang berguna untuk proses kemajuan usaha yang sedang ditekuni.

2.     Mempertahankan cita rasa produk dan menekankan proses kebersihan dalam pembuatan produk juga diperlukan, dan mengikuti perkembangan zaman dalam pengemasan adalah hal yang sangat disukai oleh konsumen.

 

DAFTAR PUSTAKA :

Inikotasemarang. Bandeng presto semarang. Diakses pada 21 April 2024

https://inikotasemarang.com/bandeng-presto-semarang/

Peningkatan produksi dan pemasaran UKM bandeng presto di Semarang. Samsudin Anis, Titin Agustina. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi dan Pembelajaran 15 (2), 116-123, 2018. Diakses pada 18 April 2024

https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+bandeng+presto+khas+Semarang+&oq=#d=gs_qabs&t=1713794266408&u=%23p%3DVNkbOJkKQ4EJ

Oleh oleholeh. Cerita tentang bandeng presto. Diakses pada 21 April 2024

 https://www.oleholehsemarang.id/cerita-tentang-bandeng-presto/

Blog Gramedia. Eknonomi, Pengertian UMKM: Kriteria, Aturan, peran, dan contoh. Diakses pada 21 April 2024

 https://www.gramedia.com/literasi/umkm/

Kompasiana Selain ngeblog. Pengolahan Bandeng presto ( Duri Lunak ) Secara praktis. Diakses pada 21 April 2024 https://www.kompasiana.com/amp/mulaalfissholah29/618f8b9ac26b77667906c0d3/pengolahan-bandeng-presto-duri-lunak-secara-praktis

Gerbang Penelitian. Pengolahan Bandeng ( Channos Channos Forsk ) Duri lunak. Diakses pada 2021 April 2024 https://www.researchgate.net/publication/278000982_PENGOLAHAN_BANDENG_Channos_channos_Forsk_'URI_LUNAK https://goukm.id/mesin-presto-untuk-usaha-bandeng-presto/ 

 


Komentar

Postingan Populer